Menu

Rabu, 01 Juni 2011

kalian pernah sedikit untuk berpikir ga siih tentang aku ( bumi ) ini?
kalian pernah sedikit untuk berpikir tidak siih apa akibatnyaah kalau es yang ada dikutub utara dan selatan itu seluruhnyaah benar-benar mencair?
kalian pernah sedikit untuk berpikir ga siih apa jadinyaah bila rambutku ( pohon ) dipangkas habis untuk kepentingan kalian?? aku tidak bisa menyerap air itu dengan baik
dan
kalian pernah sedikit untuk berpikir tidak siih bagaimana jadinyaah kalau jaketku ( lapisan ozon ) itu makin lama makin bolong?? aku tidak bisa melindungi kalian lagi dari sinar uv itu



aku
aku itu..............!!!

tempat bernaung kalian.
tempat semua kehidupan bagi setiap makhluk hidup.
tempat kalian menjalankan aktifitas.



JAGA AKU...! LINDUNGI AKU...!




apakah kalian ikut menjaga serta melindungi aku?
dan apakah kalian peduli juga dengan aku ini?



kalau memang peduli..
kenapa kalian tidak memikirkan akibatnyaa??
kenapa kalian terus menerus mengekspos aku??
kenapa kalian makin tahun makin jahat dengan aku??



sepertinyaah jawaban yang sebenarnyaah itu

kalian tidak pernah peduli dengan aku.

kenapa?? kenapa??
kenapa kalian merusak aku??
aku tidak pernah jahat terhadap kalian.
aku selalu memberikan dan melindungi kalian
kenapa kalian seperti itu???



dulu aku itu sehat.
dulu aku itu bersih.
dulu es-es yang ada dsana masih kokoh berdiri.
dulu rambut-rambutku masih tumbuh subur
dulu tubuhku ini sejuk, dingin, adem.
dan dulu jaketku masih tebal melindungi kalian.


tapi


sekarang aku tidak sehat
sekarang aku kotor, banyak sampah ( udara dan plastik makanan minuman ) di aku ini.
sekarang es-esku makin lama makin cepat mencair
sekarang rambutku hilang sedikit demi sedikit
sekarang tubuh aku panas
dan sekarang jaket aku bolong


itu semua karena teknologi dan eksploitasi berlebihan yang kalian buat
  • karena ac, kulkas. kalian tahu dulu sebelum ada ac kalian masih dapat menggunakan anginku ( angin alam ) dan kipas angin ) aku masih dingin kant? karena hembusan angin yang aku keluarkan sangatlah sejuk tapi sekarang sudah berjuta-juta dari kalian yang menggunakan mesin itu. kalian tahu apa akibatnyaah buat aku?? jaketku teman. jaket bolong karena perbuatan kalian, mesin itu sedikit demi sedikit menyobek jaketku, hembusan angin aku menjadi tidak sejuk lagi, tubuhku jadi panas dan itu membuat es-es disana mencair. 

  • karena industri, mobil, motor, truk. kalian tahu dulu sebelum ada immt kalian masih dapat pergi kemana-mana dengan menggunakan sepeda karena udara ku masih sangatlah sejuk tidak panas dan terpolusi tapi sekarang sudah berjuta-juta dari kalian yang menggunakan mesin itu, setiap hari makin macet dan makin banyak asap-asap itu kalian keluarkan. apakah kalian dulu merasakan panas seperti sekarang? dan apakah kalian tahu akibatnyaah buat aku??? asap-asap gelap immt itu juga yang membuat jaketku cepat bolong, membuat udara di aku ini menjadi kotor.


  • karena penggeboran minyak alam yang dilakukan secara berkala, penebangan liar, hilangnyaah daerah resapan. kalian tahu dulu aku eksploitasi sebesar ini, dulu rambutku tumbuh subur sampai mampu membuat kalian sejuk didalamnyaah dan dulu aku memiliki daerah resapan air yang bagus jadi aku tidak memberikan bencana kepada kalian. apakah kalian tahu dampak kalian melakukan itu?? tidak ada rambutku ini makin memperluas udaraku yang terpolusi, tidak ada resapan air makin membuat aku memberikan bencana kepada kalian karena aku bingung kemana aku akan membuang air ini. seharusnyaah jatuh kesana tapi tempat yang disana itu sekarang bukan menjadi daerah resapan air tapi sudah berubah menjadi tempat mall-mall besar padahal dulu itu adalah tempat pembuangan aku.



itu semua bukan hanya membuatku seperti itu tapi makin parah untuk aku.
aku jadi tidak mengetahui lagi bagaimana dengan tubuhku sekarang.



kadang aku panas selama sehariaan bahkan lebih padahal seharusnyaah aku sudah masup masa pilekku tapi aku malah terus panas
kadang aku pilek ( hujan ) sehariaan bahkan lebih begitu juga pada masaa pilekku
dan
bahkan aku bisa panas beberapa menit kemudian jadi pilek



atau yang biasa kalian sebut adalah aku lagi anomali cuaca


jadi maaf kalau aku mengeluarkan lumpur lapindo seperti diporong itu.
jadi maaf kalau makin lama es itu makin mencair.
jadi maaf kalau makin lama udara yang kalian hirup itu makin terpolusi.
jadi maaf kalau sesuatu yang ada diperut aku keluar ( merapi meletus ) itu semua karena didalam perutkuh sangatlah panas



kalian tahu..
kalian boleh menggunakan itu, aku tidak akan marah
tapi aku minta..
tolong kembalikan tempat resapan itu agar tidak terjadi banjir dan tidak bingung seperti ini
tolong kembalikan rambut-rambutku agar udara menjadi sejuk kembali.
tolong bertanggung jawablah atas semua perbuatan yang kalian lakukan terhadap aku.



mungkin ada sebagian masyarakat termasuk kamu yang ikut menjaga aku.
terimakasih, semoga apa yang kalian lakukan itu tidak terlambat yha teman.




hummm...!!
terakhir kata dari aku, tolong jagalah bumi kita ini ( save to earth )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar